BISNIS

0 komentar
HIDROLICH WASH CAR











        NAMA        :MARTHEN LIMBONG ALLO
 NIM            : 35108046

ADMNISTRASI BISNIS
POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG
MAKASSAR
2011

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Melihat perkembangan peningkatan jumlah kendaraan khususnya kendaraan roda 4 yang tiap tahun mengalami peningkatan yang cukup besar di kota makassar merupakan peluang besar untuk membuka usaha jasa pencucian mobil yang sangat menjanjikan. Setelah mengamati situasi Makassar yang sudah menjadi kota metropolitan dengan kesibukan pemilik kendaraan kususnya kendaraan pribadi sehingga tidak ada waktu yang cukup bagi pemilik kendaraan untuk mencuci kendaraan sendiri di samping itu kondisi jalan yang berdebu sehingga kendaraan cepat kotor. Kebersihan kendaraan merupakan nilai tersendiri bagi pemilik kendaraan baik itu dilihat dari segi kenyamanan dan image di mata orang lain. Dengan kesibukan yang begitu padat waktu yang tidak cukup para pemilik kendaraan juga ingin memamfaatkan waktunya seefektif mungkin maka dari mereka ingin dapatkan pelayanan jasa yang efisien dan cepat dalam peribahasa sering dikatakan sambil menyelam minum air artinya melakukan dua hal dalam waktu yang bersamaan dalam hal ini di samping menunggu kendaraan mereka dicuci untuk menghilangkan kejenuhan mereka juga bisa menikmati  waktu mereka untuk bersantai sambil menikmati fasilitas yang disediakan dari kafe. atas dasar pemikiran diatas sehingga muncul ide untuk membuka usaha pencucian mobil hidrolik dilengkapi dengan fasilitas kafe yang kami beri nama” Zholata”  Wash Car.

1.2  Data Usaha
Nama Usaha               : “Zholata” Wash Car.
Bidang Usaha              : Jasa Pencucian mobil hidrolich dan Kafe
Jenis Produk/Jasa        : Pencucian mobil cepat
Alamat Usaha             : Jalan Boulevard Panakukang, Makassar
Telp                             : (0411) 4971167
Email                           : Zholata_washcar@go.id
Bank Pendukung         : Bank Rakyat Indonesia
Mulai Berdiri              :2011





BAB II
ANALISIS PEMASARAN
2.1  Nama Usaha
Produk dan jasa yang disediakan:
No
Nama Produk
1
Cuci mobil biasa
2
Cuci Mobil + Kit Ban
4
Cuci Mobil + Kit Body
5
Cuci Mobil + Kit body + Kit Ban

2.2  Strategi Penetapan Harga Produk
Strategi Penetapan Tarif jasa yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:
No
Nama Jasa
Harga
1
Cuci Mobil Biasa
Rp. 20.000
2
Cuci Mobil + Kit Ban
Rp. 25.000
3
Cuci Mobil + Kit Body
Rp. 30.000
4
Cuci Mobil + Kit Ban Dengan Body
Rp. 35.000
               
dengan perkiraan penjualan mencapai 20 mobil per hari  sekitar 600 mobil per bulan dengan asumsi rincian sebagai berikut:
1.      Cuci Mobil Biasa                                                  :    200 unit mobil
2.      Cuci Mobil + Kit Ban                                           :    150 unit mobil
3.      Cuci Mobil + Kit Body                                         :    150 unit mobil
4.      Cuci Mobil + Kit Ban Dengan Body                    :    100 unit mobil
Total      :    600 unit mobil
2.3  Target Pasar
Target pasar yang dituju adalah
·         Masyarakat Umum khususnya para pekerja kantoran baik itu pegawai swasta maupun pegawai negeri
·         Mahasiswa
2.4  Aksi Pemasaran
·         Usaha dijalankan di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau yang merupakan pusat keramaian dengan showroom yang didesain semenarik mungkin sehingga orang merasa tertarik dan merasa nyaman.
·         Membuat brosur atau selebaran yang berisikan informasi usaha, fasilitas dan tariff yang diberikan kepada pengguna jasa
·         Memasang iklan di Koran lokal, dan internet
·         Membuat page di  facebook, website dan  twitter
·         menyebar Contact yang dapat dihubungi dalam bentuk telepon, sms dan lain lain.

2.5  Strategi Pemasaran
Menyebarkan brosur atau selebaran di tempat tempat  strategis, seperti di perusahaan, di bank dan lainnya sehingga target pasar dapat mengetahui usaha yang dibuka.

2.6  Analisis
a.         Analisis SWOT
Berdasarkan jenis usaha yang direncanakan tersebut, dilakukan analisis SWOT berupa analisis terhadap segala kekuatan, kelemahan, peluang usaha dan ancaman.
·         (S) Strength ( (Kekuatan)    
ü  Pengetahuan di bidang bisnis
ü  Jiwa pengusaha yang besar
ü  Optimisme
ü  Pandangan ke depan
·         (W) Weakness (Kelemahan)
ü  Kerusakan alat yang tidak dapat di prediksi
ü  Tempat Usaha yang tidak terlalu besar
ü  Hanya untuk kendaraan Pribadi
ü  Hanya melayani kendaraan roda 4.
·         (O) Opportunity (Peluang)  
ü  Lokasi Usaha yang strategis
ü  Temapat yang menarik dan nyaman
ü  Menyedikan 1 buah Minuman ringan gratis untuk 1 kendaran
ü  Harga yang bersaing
ü  Jumlah kendaraan roda 4 yang ada di Makassar terus bertambah.
·          (T) Threat (Ancaman)
ü  Munculnya pesaing usaha sejenis.
ü  Harga yang di tawarkan pesaing yang lebih murah.
b.      Analisis Pesaing
Pesaing
Keunggulan
Kelemahan
Auto Car Wash
Tarif Murah,
Lokasi yang kurang bagus
Snow Wash Car
Tempat Usaha Yang Bagus, Baru Dibuka.
Tarif Mahal, Baru Dibuka.
Clean Wash Car
Pelayanan Cepat, lokasi strategis
Tarif Mahal




BAB III
ANALISA JASA
3.1  Jasa yang ditawarkan
No
Nama Jasa
1
Cuci Mobil Biasa
2
Cuci Mobil + Kit Ban
3
Cuci Mobil + Kit Body
4
Cuci Mobil + Kit Ban dengan Body

3.2  Peralatan dan Perlengkapan Operasional.
No
Peralatan dan perlengkapan
Jumlah yang dibutuhkan
1
Pompa Merk Sanyo
1 Unit
2
Mesin Hidrolich
3 Unit
3
Kompresor
1 Unit
4
Mesin Steam
3  Unit
5
Tank Penampungan Air
2 Buah
6
Tabung Snow Wash
1 Buah
7
Vacum Cleaner
1 Buah
8
Baju Kerja Karyawan
16 Buah
9
TV 32”
1 Buah
10
Sound System
1 Set
11
Pipa 1 inch
8 m
12
Kursi
14 Buah
13
Meja Kecil
7 Buah
14
Canebo
8 Buah


Jadilah blogger yang cerdas, ingat sumber artikel anda.. Diberdayakan oleh Blogger.