Liburan Murah ke Toraja Ala Backpacker.

1 komentar
Tana Toraja yang terletak di Sulawesi Selatan merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang wajib dikunjungi. Keindahan alam dan budaya Toraja begitu memikat wisatawan. Tidak hanya turis lokal, tapi juga turis dari mancanegara. Sayangnya lokasi Toraja yang begitu jauh dari ibukota provinsi membuat banyak orang menganggap traveling ke Toraja membutuhkan banyak waktu dan biaya. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada banyak cara untuk membuat traveling ke Toraja menjadi murah dan tidak memakan banyak waktu, tapi tetap bisa melihat banyak objek wisata di Toraja. Bagaimana caranya?

1. Manfaatkan Promo Maskapai Penerbangan

Step pertama tentu Anda harus pergi ke Makassar sebagai ibukota Sulawesi Selatan. Ada banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sering kali beberapa maskapai memberikan harga promo yang cukup fantastis. Sebagai contoh saya sendiri pergi dari Surabaya ke Makassar mendapatkan tiket promo Citilink hanya dengan harga 79.000 sekali jalan. Otomatis untuk pulang pergi Surabaya-Makassar-Surabaya hanya cukup mengeluarkan uang 158.000 saja.

2. Berangkat Dari Makassar Ke Toraja Pada Malam Hari

Perjalanan darat Makassar-Toraja ditempuh dalam waktu 8-9 jam. Dari Makassar ke Toraja banyak sekali tersedia bus-bus yang siap mengantarkan Anda. Sebut saja Bus Litha, Bintang Prima, Bintang Timur, Batu Tumonga, Charisma, Metro Permai, dan lain-lain. Selain mempunyai keberangkatan pada pagi atau siang hari, bus-bus itu juga mempunyai jadwal keberangkatan pada malam hari. Pada malam hari biasanya bus akan berangkat pukul 8 hingga 10 malam. Tiket bus dari Makassar ke Toraja dengan bus AC rata-rata berharga 100.000 sekali jalan. Sedangkan untuk yang Non AC tarifnya 75.000. Berangkat pada malam hari tentu bukan menjadi masalah jika naik bus Non AC dengan tarif yang lebih murah. Udara tidak akan terasa panas kok. Namun kalau Anda ingin naik bus yang lebih nyaman tentu bus AC bisa menjadi pilihan. Lagipula tarifnya tidak terpaut terlalu jauh kan? Bus-bus ini akan tiba di Toraja (Rantepao) pada pagi hari antara pukul 5-6 pagi. Dari sini Anda sudah siap mengeksplor Toraja! Oh ya, ada baiknya pesan tiket bus 2-3 hari sebelum keberangkatan. Silahkan hubungi kantor perwakilan masing-masing bus untuk melakukan reservasi. Cukup telepon saja untuk memesan, bayarnya nanti saat Anda sudah sampai di Makassar dan akan berangkat ke Toraja.
bus ke toraja





3. Sewa Motor Untuk Keliling Toraja

Bagi Anda yang traveling sendiri atau berdua akan lebih hemat jika Anda menyewa sepeda motor. Harga sewa motor di Toraja memang lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa di Bali. Untuk satu hari biasanya penyewa akan mematok harga 80.000. Harga ini juga tergantung dari tipe motornya. Tipe motor matic memiliki harga sewa yang lebih mahal dibandingkan dengan tipe motor semi manual. Ini tergantung pilihan Anda saja, lebih nyaman menggunakan motor yang mana. Perlu diingat, banyak objek wisata di Toraja terletak agak ke dalam, cukup jauh dari jalan raya. Malah di beberapa objek jalannya cukup sulit diakses dengan mobil. So, motor adalah pilihan yang tepat!


4. Sehari Keliling Toraja Cukup Untuk Backpacker

Dalam waktu sehari sebenarnya sudah cukup untuk melihat objek-objek wisata utama di Toraja. Kenapa? Kebanyakan objek-objek di Toraja memiliki karakteristik yang serupa yaitu berupa rumah adat Tongkonan dan kuburan alami. Sebut saja Buntu Pune, Ke’te’ Kesu’, Londa, Tilanga, Lemo, dan Kambira. Bahkan kalau cuaca sedang baik atau Anda datang ke Toraja saat musim kemarau, akan lebih banyak lagi objek yang bisa didatangi. Ini nggak skimming lho, saya rasa berhenti di masing-masing objek selama 1 hingga 2 jam (max) sudah cukup. Bahkan di beberapa objek mampir 30 menit saja sudah lebih dari cukup untuk sekedar melihat-lihat.

Beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi sebagai referensi dari puluhan objek wisata di  Toraja
Buntu Kalando
Tongkonan/rumah tempat Puang Sangalla' (Raja Sangalla') berdiam. Sebagai tempat peristirahatan Puang Sangala' dan juga merupakan Istana tempat mengelola pemerintahan kerajaan Sangalla' pada waktu itu, Tongkonan Buntu Kalando bergelar "tando tananan langi' lantangna Kaero tongkonan layuk". saat ini Tongkonan Buntu Kalando dijadikan Museum Tempat meyimpan benda-benda prasejarah dan peninggalan kerajaan Sangalla'.
Pallawa
Tongkonan Pallawa adalah salah satu tongkonan atau rumah adat yang sangat menarik dan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao.
Londa
Londa adalah bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Salah satunya terletak di tempat yang tinggi dari bukit dengan gua yang dalam dimana peti-peti mayat diatur sesuai dengan garis keluarga, di satu sisi bukit lainya dibiarkan terbuka menghadap pemandangan hamparan hijau. Terletak sekitar 5 km ke arah selatan dari Rantepao.
Ke’te Kesu
Obyek yang mempesona di desa ini berupa Tongkonan, lumbung padi dan bangunan megalith di sekitarnya. Sekitar 100 meter di belakang perkampungan ini terdapat situs pekuburan tebing dengan kuburan bergantung dan tau-tau dalam bangunan batu yang diberi pagar. Tau-tau ini memperlihatkan penampilan pemiliknya sehari-hari. Perkampungan ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya dan sekaligus sebagai tempat yang bagus untuk berbelanja souvenir. Terletak sekitar 4 km dari tenggara Rantepao.
Batu Tumonga
Di kawasan ini anda dapat menemukan sekitar 56 batu menhir dalam satu lingkaran dengan 4 pohon di bagian tengah. Kebanyakan batu menhir memiliki ketinggian sekitar 2–3 meter. Dari tempat ini anda dapat melihat keindahan Rantepao dan lembah sekitarnya. Terletak di daerah Sesean dengan ketinggian 1300 meter dari permukaan laut.

Lo'ko Mata
Tempat ini adalah kuburan  yang di buat dengan cara membuat lobang-lobang pada batu. maknya kuburan ini namax lokomata karena loko mata itu artinya lubang-lubang mata.
Acara Pemakaman & Adu Kerbau " Tedong Silaga"

Kalau anda ke toraja terasa kurang lengkap kalau tidak menyaksikan secara langsung prosesi pemakaman ala toraja. dan pada acara tersebut akan diadakan sebuah agenda yang sangat seru yaitu "Adu Kerbau".



5. Selektif Dalam Memilih Makanan

Harga makanan di Toraja umumnya mahal-mahal. Harga makanan 20.000 merupakan harga standar. Bagi Anda yang muslim bisa memilih warung-warung muslim yang banyak terdapat di Rantepao. Biasanya harga makanan di warung-warung ini berkisar antara 10.000-25.000. Untuk menu makan, sesuaikan saja dengan selera Anda.

6. Tidak Perlu Menginap, Langsung Kembali Ke Makassar

Setelah Anda keliling Toraja melihat aneka Tongkonan dan kuburan alami serta menikmati keindahan Toraja, saat malam Anda tidak perlu menginap. Anda langsung saja kembali ke Makassar. Sama seperti saat berangkat, banyak sekali bus-bus yang bisa mengantar Anda kembali dari Toraja (Rantepao) ke Makassar. Bus-bus ini juga akan berangkat antara pukul 8 hingga 10 malam. Tarif busnya tentu saja akan sama dengan saat Anda berangkat. Ada baiknya pesan tiketnya terlebih dahulu ya untuk mengantisipasi agar tidak kehabisan. Bus ini akan tiba di Makassar antara pukul 5 hingga 6 pagi. Sesampainya di Makassar terserah Anda, apakah mau langsung kembali ke kota Anda atau mau jalan-jalan dulu keliling Makassar. Jika Anda ingin langsung kembali ke kota Anda dengan pesawat, bus-bus ini bersedia kok mengantarkan Anda masuk ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tanpa biaya tambahan.

Dengan menggunakan cara di atas menurut saya bisa menghemat pengeluaran yang cukup signifikan tapi tetap bisa melihat Toraja dari dekat. Selain itu juga tidak dibutuhkan waktu yang terlalu lama. Anda bisa berangkat dari rumah hari Jumat siang, hari Minggu sudah bisa ada di rumah lagi, dan Senin sudah bisa beraktifitas seperti biasa. Ya efek dari perjalanan seperti ini memang agak sedikit melelahkan karena selama dua malam tidur di bus.
Tapi kalau anda tidak terburu2 dan masih ingin merasakan suasana Toraja dan mengunjungi objek wisata lain anda tidak perlu kawatir anda bisa menginap di Guest House / Wisma yang banyak di temukan di Rantepao dan Makale tarifnya sangat  murah dibandingkan dengan hotel-hotel di Toraja. Tarifnya mulai dari 50.000 untuk single room kalau untuk 2 orang mulai dari 80.000..Muraahhh bukan??? tapi itu tarif untuk hari biasa tapi kalau bulan Desember harganya naik 2xlipat pada bulan itu semua hotel wisma dan sejenisnya sudah full..!!!



Biaya akomodasi:

  • Tiket pesawat ke Makassar PP (harga bisa berubah-ubah)
  • Airport tax 40.000 x 2 = 80.000
  • Bus Makassar-Toraja PP 260.000 (Air Suspension) atau 200.000 (Non AC)
  • Sewa motor sehari 80.000
  • Makan & jajan di Toraja 50.000
  • Tiket masuk objek-objek wisata 50.000 (aslinya nggak sampai segini)
  • Lain-lain 50.000

Nomor-nomor telepon penting:
  • Bus Litha Makassar 0411-442263 (Jalan Urip Sumoharjo KM 7, Makassar)
  • Bus Bintang Prima 0411-4772888 (Jalan Perintis Kemerdekaan Ruko Tello No. 22)
  • Bus Litha Rantepao 0423-21204
  • Bus Bintang Prima Rantepao 0423-21142
  • Sewa motor Lebonna 0423-23520 (Jalan Monginsidi 102 Rantepao)

Beberapa maskapai penerbangan yang terbang ke Makassar:
Sumber: viva.co.id


1 comment

8 Desember 2013 pukul 05.30

permisi....
mulai 2014 dibuka setiap bulannya, Agenda Trip wisata ke belitung, dibutuhkan cuma 6seat, untuk 1kali Quarter. perjalanan ini bernuansakan hemat. durasi 3hari 2malam. bagi yg minat langsung share yaa... sudah terkumpul 6org, langsung bicarakan penempatan tanggal keberangkatan.
***
"Guide Recommendation"
Salam buat semua traveller...
Ada sedikit penawaran ekonomis,
Tuk perjalanan anda ke negeri Laskarpelangi (pulau belitung), dibuka secara transparan budget aslinya...
~ mobil+supir+bensin 500rb/hari. Biasanya avanza.
~ tempat nginap, hotel melati (up 150rb) / wisma (50rb & 100rb)
~ boat kepulau rata2 400rb.
~ makan 15000/pax
~ sewa pelampung 20rb + sewa kacamata 20rb (perlengkapan snorkl)
~ karcis masuk, utk semua t4 gak lebih dari 30rb
*****
Digambarkan...
Andai saja anda & team, berangkat 6org.
Lama 3hari 2malam.
Coba itung2an yaa...
- mobil 2hari x 500rb = 1.000.000
- nginap 2hari x 3room x 150.000 = 900.000 (1room ber2 khan...)
- makan 4x 15000 x 6org = 360.000
- boat = 400.000
- pelampung & kacamata 40rb x 6org = 240.000
- karcis 30rb x 6org = 180.000
nah inilah rincian ± selama 3D2N,
1.000.000 + 900.000 + 360.000 + 400.000 + 240.000 + 180.000 == 3.080.000 : 6orang deh... jadi per orang cuma kena brp? Ayo Coba???
± cuma 500an. Plus tiket Pesawat PP kalo dari jakarta cuma 1jt'an. Murah toh....!
Bisa dibandingkan dg penawaran lain???
*****
Cukup membayar dg sistem "GuideRent" karena guide yg sudah menyusun planing kedatangan, seharga 200rb/org.
(Saya pikir itu nominal cukup murah yg dikeluarkan perorangan. Selama 3hari2malam)
Perjalanan anda sudah disusun, anda tinggal meluncur saja...
Mobil sudah dibookingkan, jd dibandarapun anda sdh dijemput.
Tempat nginap pun sudah dicarikan sesuai kriteria.
Mencari oleh2pun diusahakan lgsg ke tempat produksi.
Rute kunjungan bisa memilih!
terserah tamu yg menentukan!
Guide cuma mereferensikan... simple & superhemat...
Semua pembayaran, tidak melewati guide, langsung antara tamu & seller.
Tidak perlu DP.
Semua booking akan diusahakan Guide.
Untuk lebih jelasnya, atau masih ada yg ingin ditanyakan??? Kontak2 saya aja... 081331939505 / 219ac6dc / www.facebook.com/aji.setiawan.1986

Reply
Posting Komentar
Jadilah blogger yang cerdas, ingat sumber artikel anda.. Diberdayakan oleh Blogger.